Begini Ciri-ciri iPhone Terkena Virus

iPhone

Meskipun iPhone tidak terlalu rentan terhadap virus, sebaiknya tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan keamanan sederhana:

Apakah perangkat Anda sudah di-jailbreak? Jailbreak merupakan suatu keadaan di mana batasan-batasan pada iOS dibuka secara paksa sehingga dapat dengan bebas digunakan oleh pengguna. 

Misalnya saja seperti menginstall tema, install aplikasi yang tidak tersedia di AppStore, modifikasi tampilan iOS dengan tweaks, dan masih banyak lagi. Jailbreak punya celah tinggi untuk ditembus oleh hacker. 

Jika iPhone Anda telah di-jailbreak (terutama dengan program sumber terbuka yang populer seperti "JailbreakMe"), maka perangkat ini lebih rentan terhadap virus. 

Jika Anda membeli perangkat bekas, carilah aplikasi jailbreak di ponsel atau cari bantuan dari perwakilan resmi Apple jika Anda khawatir.


Apakah Anda menemukan aplikasi yang tidak Anda kenali? 
Aplikasi yang tidak dikenal mungkin merupakan tanda adanya malware di perangkat Anda. 

Sebaiknya simpan daftar semua aplikasi yang Anda unduh dan hapus semua aplikasi yang tidak Anda kenali atau tampak mencurigakan.

Apakah aplikasi Anda berulang kali mengalami kerusakan? 
Jika aplikasi Anda mengalami kerusakan secara konsisten dan tanpa alasan yang jelas, itu mungkin berarti ponsel Anda terinfeksi beberapa bentuk malware.

Apakah penggunaan data Anda meningkat? 

Peningkatan penggunaan data yang tidak dapat dijelaskan oleh Anda yang menggunakan ponsel secara berbeda mungkin disebabkan oleh malware. 

Disarankan untuk terus memantau penggunaan data Anda dengan aplikasi pemantauan yang sudah diunduh sebelumnya dari Apple.

Apakah Anda mendapatkan tagihan tak terduga pada akun online Anda? 

Seperti dikutip dari Kaspersky, eberapa jenis malware dapat mengirim pesan ke layanan premium atau membajak aplikasi belanja Anda. Jadi, jika Anda memiliki tagihan besar yang tak terduga di salah satu akun online Anda, virus mungkin menjadi penyebabnya.


Apakah Anda melihat pop-up ketika browser Anda ditutup? Hal ini seharusnya tidak terjadi jika sistem iPhone Anda baik-baik saja. Pop-up yang muncul saat browser Anda ditutup adalah tanda pasti adanya virus.

Apakah baterai Anda cepat habis? 
Beberapa malware yang boros energi (seperti perangkat lunak penambang atau adware) dapat menguras baterai Anda lebih cepat dari biasanya. Jika Anda terus kehabisan daya tanpa sebab yang jelas, ponsel Anda mungkin terinfeksi virus.

Apakah ponsel Anda terlalu panas? Dalam beberapa kasus, ponsel Anda mungkin menjadi lebih panas dari biasanya akibat malware di latar belakang dan aplikasi bajakan yang menggunakan sumber daya ponsel Anda. Jadi, ketahuilah bahwa panas berlebih juga bisa menjadi tanda aktivitas malware.

Karena virus sangat jarang terjadi pada iPhone, penting juga untuk mempertimbangkan bagian lain dari perangkat yang mungkin menyebabkan sistem Anda berperilaku aneh. Secara umum, ada 3 hal yang harus diperhatikan:

Ada aplikasi yang "bermasalah" atau tidak berfungsi yang perlu diperbarui atau dihapus. Jika Anda merasa tahu aplikasi mana yang menyebabkan sistem Anda melambat, Anda bisa mencari pembaruan untuk aplikasi tersebut atau menghapusnya. 

Jika tidak, Anda mungkin harus mengembalikan sistem Anda (jika Anda memiliki cadangan) ke saat sistem Anda berfungsi penuh.

Sering kali, iPhone berhenti berfungsi secara normal ketika ponsel kehabisan ruang memori. Kami menyarankan untuk memindahkan data Anda secara teratur ke perangkat eksternal agar iPhone Anda tetap berjalan dengan lancar.

Dalam beberapa kasus, fungsi iPhone Anda dapat berkurang karena baterai Anda perlu diganti. Namun, baterai yang cepat habis juga merupakan tanda adanya virus, jadi Anda mungkin perlu mencari bantuan eksternal jika ingin mengetahui secara pasti penyebab masalahnya. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed