Apple Menggunakan Standar Perpesanan RCS untuk iPhone

Apple iPhone

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan, Apple telah mengumumkan bahwa mereka akan mengadopsi standar Rich Communication Services (RCS) untuk perpesanan, mengakhiri pengalaman gelembung hijau yang membuat frustasi bagi pengguna iPhone saat berkomunikasi dengan perangkat Android.

Perusahaan berencana untuk memasukkan dukungan RCS ke dalam aplikasi Pesannya tahun depan, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan perpesanan lintas platform.

Dalam sebuah pernyataan kepada 9to5Mac, juru bicara Apple mengatakan akhir tahun depan, pihaknya akan menambahkan dukungan untuk RCS Universal Profile, standar yang saat ini diterbitkan oleh GSM Association. 

"Kami yakin RCS Universal Profile akan menawarkan pengalaman interoperabilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan SMS atau MMS," kata juru bicara Apple tersebut dilansir dari Gizmochina.


Hal ini akan bekerja bersama iMessage, yang akan terus menjadi pengalaman berkirim pesan yang terbaik dan paling aman bagi para pengguna Apple.

RCS, protokol komunikasi yang dikembangkan oleh GSM Association, menawarkan sejumlah peningkatan atas standar SMS dan MMS yang sudah ketinggalan zaman yang saat ini digunakan untuk pesan teks di iPhone. 

Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video beresolusi tinggi, mengirim pesan audio, dan mentransfer file yang lebih besar.

Pesan RCS Apple hadir di iPhone
Selain itu, RCS meningkatkan keamanan untuk perpesanan lintas platform, menambahkan reaksi emoji lintas platform, dan meningkatkan keandalan obrolan grup di berbagai perangkat.


Keputusan Apple untuk menggunakan RCS muncul setelah bertahun-tahun dibujuk oleh Google, produsen ponsel pintar, dan bahkan badan pengatur. 

Perusahaan ini sebelumnya menolak untuk mengadopsi RCS, dengan alasan kekhawatiran akan potensi dampaknya terhadap iMessage, platform perpesanan miliknya.

Dukungan RCS akan diperkenalkan ke iPhone melalui pembaruan perangkat lunak tahun depan. Operator juga akan memainkan peran penting dalam mengimplementasikan dukungan RCS untuk memastikan fungsionalitas penuh. 

Di Amerika Serikat, operator besar seperti Verizon, T-Mobile, dan AT&T sudah mendukung RCS. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed