Apple Izinkan Sideload di iPhone

Apple iPhone

Apple adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia, dengan kekuatan ekonomi yang melampaui banyak negara. Namun, hal ini tidak membebaskan raksasa teknologi ini dari ketaatan pada regulasi dan pengawasan. 

Sebagai contoh, setelah keputusan Uni Eropa tahun lalu, Apple meninggalkan port Lightning dan mulai menggunakan port USB-C pada seri iPhone 15. 

Sekarang, karena pengaruh Uni Eropa yang lain, perusahaan ini mengalah pada salah satu sikap utamanya. Mulai tahun depan, Anda dapat menginstal APK di iPhone.

Jika Anda adalah pengguna Android, kemungkinan besar Anda pernah menjelajah ke luar Google Play Store untuk menginstal aplikasi dengan mengunduh file APK. 

Melewati Google dan menginstal aplikasi menggunakan APK mungkin bukan hal yang sulit bagi Anda. Namun, bagi pengguna iPhone, hal ini tidak sesederhana itu, karena mereka selalu terikat dengan aturan Apple tanpa alternatif lain selain App Store.


Namun sebentar lagi, menginstal APK di iPhone akan menjadi kenyataan.

Untuk memperjelas, saat kami mengatakan "menginstal APK di iPhone," kami menggunakan terminologi yang sudah tidak asing lagi. 

Namun, APK adalah singkatan dari Android Package Kit dan merupakan jenis file khusus untuk platform Android. Jadi, secara teknis, memasang APK di iPhone tidak memungkinkan. 

Padanan APK di iOS adalah IPA, sebuah format file yang digunakan untuk mendistribusikan aplikasi iOS. Mirip dengan APK, IPA berisi kode aplikasi, gambar, dan sumber daya lainnya.

Istilah untuk menginstal aplikasi di luar toko aplikasi resmi disebut sideload. Undang-Undang Pasar Digital, yang diberlakukan oleh Uni Eropa pada tanggal 1 November 2022, memungkinkan pengguna Apple untuk melakukan tindakan yang disebut sebagai "menginstal APK di iPhone." Jadi, kapan ini akan terjadi?


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, undang-undang tersebut sudah berlaku, yang berarti Apple sekarang berkewajiban untuk menerapkannya. 

Namun, perusahaan telah meminta waktu tambahan, dengan alasan bahwa sistemnya belum siap. Uni Eropa telah menerima permintaan ini dengan syarat bahwa fitur tersebut akan diperkenalkan selambat-lambatnya pada pembaruan iOS 17.2 pada tahun 2024.

Tentu saja, Apple memiliki opsi untuk tidak mematuhi aturan Uni Eropa. Namun, hal ini dapat mengakibatkan penalti sebesar 20% dari pendapatan globalnya. Gagal membayar denda ini dapat menyebabkan sanksi seperti larangan penjualan di Eropa. 
Oleh karena itu, Apple tidak punya pilihan lain. Tetapi mengapa Apple menentang sideload?

Mengapa Apple menentang sideload?

Dilansir dari Gizmochina, Gangguan ekonomi App Store bisa menjadi faktor yang signifikan. 

Apple mungkin beralasan potensi kerentanan keamanan sebagai alasannya, dengan mengklaim bahwa iPhone lebih aman daripada Android karena desain sistemnya yang tertutup. 

Jika semua orang mulai memasang aplikasi dari sumber eksternal, hal ini bisa berubah. Namun, kenyataannya sedikit berbeda.

Raksasa teknologi saat ini mengambil komisi 15% hingga 30% dari penghasilan semua aplikasi di App Store. Apakah Anda membeli berlian di sebuah game atau berlangganan layanan, sebagian masuk ke Apple. 

Sekarang, pengembang aplikasi mungkin dapat mengubah ini dan menghindari apa yang disebut "Pajak Apple". Namun, membuka pintu untuk instalasi bajakan juga bisa memperumit masalah bagi pengembang aplikasi.

Apa yang akan terjadi di masa depan bagi pengembang Apple dan App Store saat ini masih belum pasti. Namun demikian, kemampuan untuk menginstal APK di iPhone merupakan perkembangan positif bagi pengguna di tengah ketidakpastian ini. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed