Xiaomi Luncurkan HyperOS Dilengkapi Fitur AI dan Peningkatan Keamanan

HyperOS baru

Xiaomi telah menggunakan MIUI untuk memberi daya pada semua ponsel cerdasnya selama lebih dari satu dekade. Perusahaan ini telah membuat banyak kemajuan baru-baru ini, dan MIUI 14 disebut-sebut sebagai versi terbaik dan teringan. Bahkan memiliki beberapa fitur yang rapi, setidaknya di China.

Namun, Xiaomi baru-baru ini telah mengumumkan sistem operasi baru yang disebut HyperOS.

HyperOS dikatakan memiliki ukuran firmware terkecil di industri ini, serta peningkatan keamanan, kinerja, dan multitasking.

Pertama-tama, ada perubahan pada antarmuka pengguna. Anda mendapatkan lebih banyak opsi penyesuaian untuk lockscreen dengan template, font, dan widget baru. 

Pusat kontrol telah mengalami penyempurnaan dan terlihat lebih ramping daripada MIUI 14. Namun, ikon aplikasi di HyperOS tampak mirip dengan MIUI 14.

Keamanan dan ukuran firmware

Xiaomi juga menambahkan fitur keamanan baru, termasuk sistem keamanan TEE yang dikembangkan sendiri, yang memproses konten sensitif secara terpisah.

Baca juga: Ponsel Xiaomi 14 Pro Titanium Edisi Khusus dengan Kapasitas Penyimpanan 1 TB

Sistem ini menawarkan izin internet yang transparan dan dapat dikontrol, memastikan visibilitas penuh ke setiap koneksi.

Dikutip dari Gizmochina, Xiaomi mengatakan bahwa ukuran firmware HyperOS dapat diubah agar sesuai dengan kebutuhan perangkat keras yang berbeda. 

Khususnya, firmware ponsel ini sangat kecil hanya 8,75GB, menjadikannya yang terkecil di industri ini.

Fitur AI

HyperOS menyertakan model besar AI bawaan yang mendukung fitur-fitur seperti Xiaoai Input Assistant untuk pembuatan teks, Pemindaian Dokumen WPS untuk pengenalan teks dalam dokumen, AI Wonderful Painting untuk mengubah coretan menjadi lukisan, dan AI Image Search untuk pencarian gambar yang intuitif. Selain itu, ada Integrasi perangkat-cloud yang lebih erat.

Kolaborasi lintas perangkat

Khususnya, sistem operasi baru ini juga menghadirkan kolaborasi lintas perangkat yang mulus, sehingga aplikasi dapat menggunakan perangkat keras dari beberapa perangkat. Misalnya, Kolaborasi Kamera memungkinkan Anda menggunakan kamera belakang ponsel dalam konferensi video PC untuk kualitas video yang lebih baik.

Baca juga: Raja Baru Smartphone, Huawei Mate 60 Pro Kalahkan iPhone 15 Pro Max di Tiongkok

Kolaborasi jaringan meningkatkan konektivitas dengan memungkinkan perangkat mengakses jaringan 5G ponsel untuk koneksi yang cepat dan andal. 

Dan Pemberitahuan Fokus Lintas Perangkat memungkinkan Anda berbagi pemberitahuan antar perangkat, sehingga Anda dapat melihat info taksi ponsel di TV, misalnya.

Performa

HyperOS tampaknya merupakan perombakan sistem operasi Xiaomi yang paling signifikan hingga saat ini. Transformasi ini mencakup manajemen memori yang ditingkatkan, yang memberikan kecepatan startup yang jauh lebih cepat dan kinerja aplikasi latar belakang yang lebih baik.

Sistem file telah dioptimalkan untuk mempertahankan kinerja I/O dalam waktu yang lama. Subsistem grafis memperkenalkan pengaburan waktu nyata untuk efek gerakan yang lebih halus.

Kapan HyperOS akan hadir di ponsel Anda?

Xiaomi telah mengumumkan bahwa rilis resmi HyperOS akan dimulai pada bulan Desember 2023 untuk model China dan pada kuartal pertama tahun 2024 untuk model internasional. 

Seri Xiaomi 14, Redmi K60 Extreme Edition, dan Xiaomi Pad 6 Max akan menjadi perangkat pertama yang menjalankan OS baru ini. [SeoTama]

Previous Post Next Post

News Feed