Raja Baru Smartphone, Huawei Mate 60 Pro Kalahkan iPhone 15 Pro Max di Tiongkok

Huawei vs iPhone

Seri Huawei Mate 60 membuat gelombang di pasar smartphone dengan fitur dan harganya. Dari empat model dalam seri ini, Huawei Mate 60 Pro tidak diragukan lagi yang paling menonjol. 

Diperkenalkan pada bulan Agustus lalu, ponsel ini telah terjual seperti kacang goreng sejak saat itu, dan mereka yang ingin membelinya mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. 

Selain itu, bahkan setelah hampir dua bulan, permintaan tampaknya tidak berkurang. Menurut perusahaan riset Counterpoint, Huawei telah menjual jutaan model dalam enam minggu terakhir, dengan sepertiga dari penjualan ini terjadi pada minggu lalu saja. 

Menurut Counterpoint, Huawei telah menjual 1,6 juta unit Mate 60 Pro hanya dalam waktu enam minggu.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 400.000 unit terjual hanya dalam dua minggu terakhir.

Baca juga: Apa Itu Phishing Email Massal dan Bagaimana Cara Kerjanya

Jangan salah sangka, menjual 1,6 juta unit dalam waktu enam minggu adalah pencapaian yang mengesankan. 

Namun, bagi raksasa teknologi asal Tiongkok ini, ini hanyalah permulaan. Hal ini dikarenakan pasokan Mate 60 Pro masih terbatas. 

Jika pasokan meningkat, penjualan berpotensi lebih tinggi lagi. Fakta bahwa 400.000 dari 1,6 juta unit terjual pada minggu lalu merupakan indikator dari potensi ini.

Tentu saja, masih menjadi pertanyaan yang menarik untuk mengetahui tantangan apa yang dihadapi Huawei dalam produksi dan apakah mereka dapat memenuhi permintaan. 

Namun, bisa juga dikatakan bahwa perusahaan ini beruntung. Terutama mengingat bahwa seri iPhone 15 mengecewakan baik di Tiongkok maupun di seluruh dunia. 

Meskipun performa ponsel ini sama bagusnya dengan sebelumnya, namun gagal menggairahkan pengguna dalam hal inovasi dan desain, serta tidak terasa berbeda dengan seri iPhone 14. Di sisi lain, seri Mate 60 menciptakan dampak positif yang sebaliknya.

Baca juga: Home Gadget Samsung Galaxy S24 Akan Dilengkapi Fitur AI, ChatGPT, dan Google Bard

Dikutip dari Gizmochina, penjualan keseluruhan seri iPhone 15 di Tiongkok turun 4,5% dari seri iPhone 14 pada periode yang sama. 

Pro Max mengalami penurunan terbesar, dengan penjualan turun 14%. Pro turun 11%. Orang dalam industri juga percaya bahwa peluncuran seri Mate 60/X5 yang tiba-tiba telah berdampak negatif pada iPhone 15.

Masih harus dilihat apakah kesuksesan Mate 60 Pro akan berlanjut. Namun, angka penjualan awal menunjukkan bahwa Huawei kembali ke jalur yang tepat untuk bersaing dengan Apple di pasar smartphone global. [SeoTama]

Previous Post Next Post

News Feed